Pare, Si Pahit yang Menggoda

May 22, 2018

Saya tuh sukaaaaaa banget sama masakan pare.
Saking sukanya, dalam seminggu bisa makan sampai 4 kali, widiiiihhhh kayak ngidam aja yaaa... Hihihiiii...

Inget-inget waktu kecil, kalau nyokap lagi masak pare (nyokap doyan banget), sama deh kayak kebanyakan anak kecil lainnya yang emoh banget icip masakan yang satu ini.... Pahitnya ga ketulungan.... Hiiiiyyyy....
Tapi makin dewasa (dewasa loooh yaaa, bukan tuwir.... Hihihiiii), kok malah selalu 'jatuh hati' sama si pahit ini....
Ibarat kata, kalau lagi makan ini, bisa sambil merem melek makannya... Hahahaaaa....

Saya juga punya sahabat yang sangat doyan pare... Saingan doyannya sama saya.
Dan dia sering guyon kalau saya tanya kenapa suka...
"Biar terbiasa akan pahitnya kehidupan", jawabnya sambil mbanyol.... 
Kebetulan papanya anak-anak doyan juga sama pare ini, walaupun ga se-ekstrim istrinya...
Yaaaa dia masih manusiawilah doyannya... Dan untungnya, ga pernah komplain kalau istrinya masak sering-sering...
"Ga pa pa.... Daripada anaknya ngiler!" katanya. Ebuseeet...
Teman-teman banyak yang tanya masaknya diapain siih, kok kayaknya enak buanget?
Saya masaknya biasa aja loooh... 


Cuma pakai bamer, baput, cabe jablai (biar maknyos), tomat, dan teri asin (kadang pakai ebi). 


Parenya di 'ubek-ubek' dulu pakai garam, biar ga langu... Sekali dan sebentar aja, jangan sampai lodo, ga enak nanti... Ga crunchy dan ga pahit. Habis itu, bilas.
Nah pas masak, juga seperti biasa....
Baput, bamer dioseng setelah minyak sudah panas, lalu masukkan teri dan cabe, terus masukkan pare dan tomat, aduk-aduk... Kasih garam sedikiiiiit aja, kalau mau tambah kaldu bubuk monggooo...
Kasih air sedikit, aduk-aduk lagi, dan... Taraaaaaaaa...... Siap disajikan....


Makan ini enaknya pas baru matang, jadi masih hot hot gitu deeeh...
Duuuh, mulai berair niiih mulut saya... 
Daaaah aaaah... Saya mau siapin dulu buat dimasak menjelang buka puasa nanti.
Udah ga sabar bertemu dengan si pahit yang menggoda.....






You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Subscribe